Kemajuan dan perkembangan teknologi di dunia yang begitu pesat membuat produk-produk baru berbasis teknologi terus menerus berimprovisasi dengan bermacam-macam bentuk varian. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan multifungsi untuk para penggunanya.

Hal yang sama juga terjadi pada perangkat mobile. Perangkat ini bahkan jauh lebih berkembang dibandingkan dengan perangkat yang lain. Selain nyaman digunakan, pengguna jugadapat mengerjakan pekerjaannya jauh lebih mudah dari yang sebelumnya sekaligus mendapatkan sisi hiburan yang menyenangkan.

Misalnya, mereka dapat berselancar di internet atau mengerjakan tugas-tugas lainnya sambil mendengarkan musik. Bukankah itu sangat menyenangkan? Tak hanya masyarakat biasa, para pelaku bisnis pun dibuat sangat terbantu dengan teknologi ini.

Di dalam artikel kali ini, kami akan membahas beberapa hal penting yang perlu anda ketahui tentang perangkat mobile tersebut. Sudah siapkah anda menerima informasi dan pengetahuan dari kami? Kalau begitu, kami akan langsung menjelaskannya saja, yang dimulai dari penjelasan tentang apa itu perangkat mobile.

Definisi Perangkat Mobile

Perangkat mobile adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menyebut semua jenis komputer yang dapat digenggam, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ponsel cerdas. Perangkat ini dirancang untuk mudah dibawa kemanapun (portabel) dan dapat digenggam dengan tangan.

Ini bukan hanya sebatas alat komunikasi seperti handphone. Dengan adanya penerapan teknologi komputasi, sebuah perangkat bisa melakukan fungsi-fungsi yang berbeda, bahkan dalam waktu yang bersamaan. Ditambah lagi dengan kemunculan berbagai sistem operasi yang dikhususkan untuk beberapa jenis perangkat, seperti iOS, Android, Blackberry, Windows dan Ubuntu.

Beberapa jenis perangkat mobile yang sangat dikenal oleh masyarakat sampai dengan saat ini adalah seperti tablet, e-reader (alat baca buku elektronik) dan smartphone. Semua perangkat tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam mengerjakan tugas-tugas, yang umumnya dikerjakan di laptop atau komputer desktop.

Dengan adanya perangkat-perangkat canggih ini, mereka pun menjadi sebuah ancaman untuk perangkat komputasi konvensional, seperti PC (Personal Computer).

Perangkat Ponsel Pertama

Perangkat seluler pertama yang sempat merajai penggunaan teknologi dunia adalah(PDA). Teknologi ini sangat populer pada tahun 1990-an dan awal 2000-an, dimana PDA tersebut dianggap sebagai prekursor untuk smartphone.

Namun, karena mereka tidak dapat melakukan panggilan telepon seperti halnya ponsel-ponsel pintar yang ada saat ini, mereka digambarkan lebih seperti tablet yang ukurannya lebih kecil. KebanyakanPDA memiliki keyboard fisik dan perangkat lunak terbatas. Beberapa memiliki pad yang sensitif secara elektronik, yang dipakai untuk input tertulis.

Dalam pembuatan perangkat ini, biasanya sang penciptanya akan melibatkan kompromi antara fungsi antarmuka yang lebih besar dan kemudahan membawa perangkat yang lebih kecil.

Dan untuk PDA ini sendiri, dirancang lebih besar daripada smartphone untuk kemudahan input, tetapi lebih kecil dari kebanyakan tablet, agar muat dalam kantong dan dompet. Perangkat ini juga mencakup fungsi telepon yang biasanya masih kurang dari tablet.

Karakteristik Perangkat Seluler

Di zaman yang serba maju seperti sekarang, tentu semakin menuntut teknologi yang mudah, sederhana, tapi canggih dan tidak merepotkan penggunanya. Begitu lah yang terjadi dengan pembuatan perangkat mobile yang sedang kita bahas saat ini.

Meskipun terdiri dari berbagai jenis dan variasi, namun perangkat seluler pada umumnya memiliki karakteristik serupa, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sudah memiliki koneksi Wi-Fi atau akses seluler ke internet
  • Baterai yang disematkan ke dalam perangkat tersebut haruslah bateras yang dapat memberi daya perangkat selama beberapa jam, karena seperti yang bisa kita lihat, selama 24 jam dalam sehari, hampir tak seorang pun membiarkan handphonenya tergeletak begitu saja. Dimana pun anda berada, pasti hal pertama yang harus anda bawa dan berada dalam genggaman anda pastilah hanphone.
  • Keyboard fisik atau layar untuk memasukkan informasi
  • Ukuran dan berat yang memungkinkan untuk dibawa di satu tangan dan dimanipulasi dengan tangan yang lain
  • Menyajikan atau menyediakan fitur antarmuka layar sentuh di hampir semua kasus
  • Asisten virtual, seperti Siri, Cortana, atau Asisten Google
  • Kemampuan untuk mengunduh data dari internet, termasuk aplikasi dan buku
  • Pengoperasian nirkabel

Macam-Macam Perangkat Mobile

Seperti yang kami sebutkan di atas, ada beragam perangkat mobile yang saat ini bisa anda jumpai di sekitar anda, bahkan beberapa diantaranya mungkin sedang anda gunakan sekarang. Apa sajakah itu dan manakah yang paling senang atau lebih suka untuk anda gunakan? 

1. Komputer Tablet

Komputer tablet atau yang lebih dikenal dengan sebutan tablet adalah sebuah komputer pribadi yang dirancang portabel sama seperti laptop. Biasanya ini dilengkapi dengan sistem operasi seluler dan sirkuit pemrosesan layar sentuh LCD dan baterai isi ulang yang berada dalam satu paket.

Meskipun mirip dengan laptop, namun kedua perangkat tersebut mempunyai perbedaan dalam segi performa dan penggunaannya. Perbedaan yang paling tampak adalah Laptop tidak memiliki keyboard fisik atau touchpad. Sebaliknya, tablet menggunakan keyboard virtual yang dapat digunakan melalui sentuhan jari pada layarnya.

Ukurannya yang lebih ringan dan tipis membuat alat ini banyak diminati oleh masyarakat. Tablet modern sangat mirip dengan smartphone modern yang ada sekarang ini. Satu-satunya perbedaannya adalah tablet relatif memiliki bentuk yang lebih besar dari ponsel pintar, yaitu dengan layar 7 inchi (18 cm) atau bahkan lebih besar lagi.

Pada umumnya, tablet bisa mengerjakan apa yang dilakukan oleh perangkat sejenia lainnya, tetapi tidak memiliki kemampuan I/O yang dimiliki oleh yang lainnya.

Kelemahan tablet adalah tidak selalu mampu mengerjakan segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh komputer desktop atau laptop.

Mayoritas pengguna masih menggunakan komputer dekstop atau laptop untuk mengerjakan beberapa aktivitas yang tidak bisa mereka lakukan di tablet. Namun meskipun begitu, tablet dapat dijadikan sebagai alternatif kedua.

2. Pembaca Elektronik (e-reader)

Pembaca Elektronik (e-book) atau yang juga disebut sebagai e-reader adalah perangkat yang biasa digunakan untuk membaca konten, surat kabar, dokumen dan sebagainya. E-reader yang mandiri biasanya memiliki konektivitas nirkabel untuk mengunduh konten dan melakukan tugas berbasis web lainnya.

Bentuk dari E-reader ini menyerupai komputer tablet, yang memang sengaja dirancang untuk digunakan membaca buku digital (e-book). Beberapa contoh perangkat e-reader adalah Amazon Kindle, Barnes & Noble Nook dan Kobo.

Sony Reader adalah salah satu pembaca pertama yang diciptakan. Sony Reader PRS 700 saat itu memiliki berat 10 ons dan memiliki layar 6 “. Layar sentuh dilengkapi keyboard virtual untuk navigasi dan pencatatan dan ada lampu LED yang terpasang untuk membaca dalam kondisi kurang cahaya. Satu daya bagus untuk 7500 kali putaran bacaan dan memiliki 512 MB memori.

Amazon Kindle 2 beratnya 10,2 ons dan memiliki layar 6 “. Perangkat ini memiliki keyboard built-in kecil di bawah layar. Kindle mendukung pencarian teks terbatas. Memori yang dapat diakses pengguna adalah 1,4 GB, cukup untuk 1500 buku. Kindle DX memiliki Layar 9,7 inci.

E-reader Plastic Logic, yang disebut “Dossier” dalam pengembangannya, dioptimalkan untuk penggunaan bisnis. Perangkat ini mendukung dokumen Microsoft Office, seperti Word dan Excel. Layarnya 8,5 “X 11”. Rilis umum dossier ini adalah pada tahun 2010.

Mayoritas e-reader menggunakan layar e-ink, yang lebih mudah dibaca daripada layar komputer tradisional (dekstop atau laptop). Anda bahkan dapat membacanya di bawah sinar matahari, seperti saat anda membaca buku versi cetak.

Anda tidak memerlukan sebuah e-reader jika tujuan anda hanya ingin membaca buku digital. Buku digital dapat anda baca juga melalui komputer tablet, smartphone, laptop dan desktop.

3. Smartphone

Smartphone adalah jenis ponsel yang lebih handal daripada ponsel tradisional. Selain memiliki fitur dasar yang sama, (seperti panggilan telepon, pesan suara dan teks), smartphone dapat terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau data seluler (yang membutuhkan pembelian paket data bulanan).

Dengan demikian, anda dapat menggunakan smartphone untuk mengerjakan tugas-tugas yang biasanya juga anda kerjakan dengan menggunakan komputer (seperti mengecek email, browsing, atau belanja online).

Mayoritas smartphone menggunakan layar sentuh yang berarti tidak memiliki keyboard fisik. Dengan demikian, anda akan mengetik melalui keyboard virtual yang dapat anda sentuh di monitor.

Fitur-fitur standar lainnya adalah kamera digital resolusi tinggi serta mampu memutar berkas musik dan video digital. Mayoritas orang menggunakan smartphone sebagai pengganti laptop, pemutar musik digital dan kamera digital yang dapat dipakai hanya dari 1 perangkat saja.

Bagi sebagian besar orang, kebutuhan pokok bukan hanya sandang, pangan dan papan saja. Hp yang responsif dan kondusif juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kini Hp bukan lagi barang yang ekslusif, mewah, ataupun langka. Jika dahulu benda ini hanya dimiliki segelintir orang berkantong tebal, sekarang, tukang sayur keliling pun sudah pintar menggunakannya untuk berinteraksi dengan komunitasnya.

Teknologi yang disematkan pada Hp juga makin canggih dan berkembang pesat. Anda mungkin tahu bahwa iPhone X yang dirilis beberapa tahun lalu sudah tidak lagi menggunakan fingerprint, namun Face ID yang cukup mengarahkan wajah ke layar untuk membukanya.

Secanggih apa pun smartphone yang akan diciptakan nantinya, setidaknya anda belajar bahwa ponsel-ponsel tersebut berawal dari sebuah benda yang berat dan besar pada tahun 70-an.

4. Perangkat Seluler Lainnya

Selain beberapa jenis perangkat yang telah disebutkan di atas, beberapa pemutar musik portabel juga diketahui sudah memiliki akses ke internet dan dapat mengunduh aplikasi untuk meningkatkan nilai dan kegunaannya bagi pemiliknya.

Apple’s iPod touch adalah salah satu contohnya. Ini adalah iPhone tanpa ponsel yang pernah diciptakan dan termasuk perangkat mobile. Dalam semua hal, ia menawarkan pengalaman yang sama. Selain itu ada pula Walkman Sony high-end,  yang merupakan pemutar audio mewah dengan aplikasi streaming Android.

Selanjutnya adalah Personal Digital Assistant (PDA) yang tadi sudah kami bahas sedikit, telah menjadi sahabat terbaik orang-orang bisnis selama bertahun-tahun. Seiring munculnya berbagai jenis ponsel pintar di tengah-tengah kehidupan masyarakat, penggunaan PDA perlahan menurun bahkan akan menghilang jika tidak segera di kembangkan.

Untungnya, beberapa di antaranya sudah ditata ulang dengan akses Wi-Fi dan dengan desain kasar yang membuatnya berguna bagi militer dan orang-orang yang bekerja di luar. Dengan kata lain, sampai dengan saat ini, beberapa kalangan tertentu masih ada yang memakainya.

Praktik Terbaik untuk Semua Perangkat Genggam Ponsel

Untuk menjaga agara perangkat mobile anda tetap dalam kondisi yang baik dan aman, anda perlu melakukan sesuatu. Berikut ini akan kami sebutkan apa-apa saja yang harus anda lakukan untuk menjaga perangkat genggam yang saat ini anda miliki. Adapun cara atau langkah-langkah tersebut adalah :

  • Hindari menyimpan data rahasia atau perangkat seluler informasi sensitif lainnya, karena mereka lebih mungkin hilang atau dicuri dan lebih sulit dienkripsi.
  • Selalu perbarui perangkat lunak, karena perangkat seluler rentan terhadap serangan langsung dari malware (virus, dan lain sebagainya) dan phishing.
  • Hapus teks apa pun yang anda terima dengan kata sandi atau informasi sensitif lainnya.
  • Hanya instal aplikasi dari sumber daya tepercaya. Aplikasi dapat menghosting malware yang akan mengekspos kata sandi anda, nomor kartu kredit, atau apa pun yang anda ketikkan ke perangkat seluler anda tersebut.
  • Matikan Wi-Fi dan Bluetooth jika anda sedang tidak menggunakannya. Fitur nirkabel memberikan akses jarak jauh ke peretas.
  • Jika anda menggunakan Wi-Fi, lakukan hanya pada jaringan aman yang memerlukan kata sandi, seperti eduroam.
  • Cadangkan data anda untuk meminimalkan kemungkinan kehilangan segalanya jika perangkat anda hilang atau dicuri, atau saat anda perlu menghapus sepenuhnya data di dalam, karena virus atau pelanggaran keamanan lainnya.
  • Hindari berbagi perangkat seluler. Perangkat seluler pribadi tidak dirancang untuk mendukung banyak pengguna dan tidak dapat disiapkan untuk melindungi anda dari risiko yang disebabkan oleh aktivitas orang lain.
  • Layanan Office 365 Cornell untuk fakultas dan staf memungkinkan beberapa perangkat seluler untuk dihapus atau dinonaktifkan dari jarak jauh.

Perkembangan Perangkat Mobile di Dunia

Perkembangan teknologi ICT (information and communication technology) secara langsung telah mempengaruhi pekembangan hardware dan software, yang juga berdampak pada perkembangan teknologi perangkat smartphone, yang semakin hari semakin bisa memenuhi trend kebutuhan pengguna smartphone.

Inilah yang pada akhirnya berdampak pada semakin meningkatnya penggunaan perangkat mobile device yang semakin popular. Selain sudah menjadi gaya hidup, mobile device juga banyak memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk dapat melakukan hal hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di perangkat desktop.

Dengan adanya perangkat-perangkat semacam ini, masyarakat bisa mebgerjakan tugas mereka kapan dan dimana pun mereka mau. Pengguna tak perlu stay di ruangan dan duduk seharian di depan komputer hanya untuk mennyelesaikan pekerjaan mereka.

Menurut data yang didapat, penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet setiap tahunnya kian meningkat. Kedua perangkat ini bahkan sudah seperti kacang goreng di pasaran. Perangkat mobile yang ada tersebut telah mendominasi trafik internet setiap tahunnya.

Sebelumnya pada tahun 2016 yang lalu, Zenith Media merilis sebuah laporan bertajuk “Mobile Advertising Forecasts” yang mengungkapkan bahwa perangkat mobile akan menguasai 75 persen trafik internet global pada tahun depan (tahun 2017 kemarin).

Tidak berbeda dari tahun-tahun yang sebelumnya, tahun ini juga masih sama. Permintaan akan perangkat tersebut tak pernah ada habisnya alias tak pernah ada matinya. Hal ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya variasi-variasi perangkat baru yang diciptakan dan dikomersilkan.

Bukti nyata dari peningkatan penggunaan perangkat mobile terutama dalam hal akses internet bisa kita lihat pada tahun 2016 lalu, dimana perangkat tersebut mengalami pertumbuhan yang cepat, mulai dari 40 persen pada 2012 menjadi 68 persen pada 2016, hingga diprediksi mencapai 79 persen pada 2018.

Negara-negara dengan konsumsi mobile internet tertinggi tersebar di berbagai wilayah Eropa Barat, Asia dan Amerika Utara. Edisi pertama Mobile Advertising Forecasts ini mencakup 60 negara kunci di seluruh dunia. Zenith pun melaporkan bahwa Spanyol memiliki konsumsi internet mobile tertinggi, sebesar 85 persen pada tahun 2016 lalu.

Namun, Hong Kong diprediksi akan memimpin pada tahun 2018, dengan posisi enam besar selanjutnya secara berurutan ditempati Tiongkok, Spanyol, Amerika Serikat, Italia dan India. Sedangkan negara dengan penetrasi smartphone tertinggi diprediksi dipegang oleh Irlandia yaitu 92 persen, diikuti Singapura 91 persenSpanyol 88 persen, Norwegia 86 persen dan Korea Selatan 84 persen.

Irlandia pun diperkirakan akan tetap memimpin pada 2018 dengan 94 persen penetrasi, diikuti Swiss dan Singapura dengan masing-masing 92 persen, serta Norwegia dan Taiwan dengan masing-masing 91 persen.

Peningkatan penggunaan mobile internet didorong oleh tingginya penetrasi perangkat mobile. Pada 2012, hanya 23 persen dari 60 pasar yang diteliti Zenith memiliki smartphone dan 4 persen tablet.

Kini penetrasi smartphone menjadi 56 persen dan diprediksi mencapai 63 persen pada 2018. Sedangkan tablet memang kalah pamor daripada smartphone, tapi penetrasinya sekarang sebesar 15 persen dan diprediksi akan menjadi 17 persen pada 2018.

“Perangkat mobile sudah menjadi perangkat utama untuk mengakses internet di seluruh dunia. Negara-negara di Eropa Barat, Asia dan Amerika Utara memimpin transisi tersebut, dan teknologi mobile semakin meluas dengan cepat. Pada tahun depan, perangkat mobile juga akan menjadi ‘kendaraan’ utama untuk iklan internet,” jelas Head of Forecasting Zenith, Jonathan Barnard.

Dalam laporan yang sama, disebutkan bahwa iklan mobile akan mengambil alih iklan desktop pada tahun depan dengan peningkatan menjadi 52 persen dari 44 persen pada tahun ini. Pada 2018, iklan mobile diprediksi menguasai 60 persen dari total iklan di internet.

Itulah tadi sedikit banyaknya yang perlu anda ketahui mengenai perangkat mobile yang sangae populer di masyarakat untuk saat ini bahkan diprediksi akan semakin populer di tahun-tahun mendatang. Dengan adanya penjelasan ini, kami harapkan pengetahuan anda tentang berbagai perangkat mobile bisa sedikit bertambah.