Guys, dalam kehidupan kita sehari-hari, pernahkah anda mendengar yang namanya Multimedia? Nah.. bagi anda yang mungkin penasaran dan tidak mengerti sama sekali mengenainya, anda bisa mencari tahu penjelasannya seperti apa yang ada dibawah ini.

Pengertian Multimedia

Bagi kalian yang ingin mengetahui apa itu multimedia, dibawah ini akan menjelaskannya untuk anda.

Multimedia atau yang lebih dikenal dengan Media adalah paduan berbagai informasi dalam bentuk teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara dalam memberikan informasi bagi audiens atau pembacanya.

Dari penjelasannya yang singkat ini, menimbulkan beberapa pengertian berdasarkan pandangan dari para ahli yaitu:

  • Mc.Comick, 1996

Berdasarkan pandangannya, ia menganggap bahwa multimedia itu adalah penggabungan dari beberapa elemen penting seperti suara, tulisan dan gambar.

  • Robin dan Linda, 2001

Dan lain pula yang disebutkan oleh Robin dan Linda, mereka menganggap bahwa multimedia sebagai alat presentasi interaktif dan dinamis dimana penggunanya akan mengkombinasikan atau menggabungkan beberapa data seperti teks, grafik, video, animasi dan juga audio.

  • Hofstekter, 2001

Lalu, seorang ahli lagi berpendapat bahwa multimedia dalam memanfaatkan komputer dengan menggabungkan beberapa data seperti gambar, teks, grafik dan audio melalui perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk saling berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.

  • Turban, dkk, 2002

Berdasarkan turban dan rekan-rekannya yang lain, mereka menyebutkan multimedia adalah gabungan beberapa media input maupun output dan gabungan beberapa media tersebut antara lain adalah audio, video, teks, gambar, grafik dan animasi.

Ada dua macam kategori multimedia seperti multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah multimedia yang tidak adanya alat kontrol apapun yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Multimedia tersebut bekerja secara berurutan seperti TV dan film. Dan multimedia interaktif merupakan kebalikan dari Multimedia linier yaitu multimedia yang disertai oleh alat kontrol seperti komputer, mouse, keyboard dan lain sebagainya untuk dapat digunakan oleh pengguna agar bisa memilih berdasarkan apa yang diinginkan.

Jenis-jenis Multimedia

Multimedia terdiri dari beragam jenis yang sama sekali tidak sama. Dan bagaimanakah deretan dari multimedia tersebut? Jangan kemana-mana dan ikuti seperti apa yang ada dibawah ini.

1. Multimedia Interaktif

Ini adalah salah-satu jenis multimedia dimana pengguna bisa mengontrolnya sesuai dengan yang diinginkan seperti apa dan kapan elemen multimedia akan ditampilkan. Contoh dari jenis multimedia ini adalah Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Multimedia Hiperaktif

Jenis multimedia ini memiliki struktur yang sangat berhubungan dengan elemen-elemennya agar bisa digunakan oleh pengguna dari tautan atau link sesuai dengan elemen multimedia yang ada. Biasanya ini terdiri dari istilah Richmedia dan contoh dari jenis ini seperti world wide web, web site, mobile banking, Game on line dan lain sebgainya.

3. Multimedia Linear atau Squential

Ini adalah salah-satu jenis multimedia yang terdapat pada segala jenis film, tutorial video dan lain sebagainya. Multimedia linear bekerja tanpa menggunakan alat kontrol yang penyajiannya harus teratur dari awal hingga akhir misalnya Movie atau film, e-book, musik dan siaran TV.

4. Multimedia presentasi pembelajaran

Sesuai dengan namanya, multimedia jenis ini dianggap sebagai alat bantu guru dalam proses belajar mengajar dan tidak sebagai pengganti guru. Contoh dari jenis multimedia ini adalah Microsoft Power Point.

5. Multimedia pembelajaran mandiri

Sama halnya dengan multimedia nomor 4 yang ada diatas dimana jenis multimedia ini bisa digunakan siswa tanpa harus didampingi atau diawasi oleh guru. Mengapa disebut multimedia pembelajaran mandiri? Ini dikarenakan multimedia tersebut terdiri dari fitur assemen untuk latihan, ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah misalnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

6. Multimedia kits

Ini adalah kumpulan bahan pengajaran atau pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir di sekitar satu topik.

Ini juga dirancang untuk membantu para guru untuk mengembangkan keterampilan dalam penggunaan multimedia dalam melibatkan dan menginspirasi siswa serta meningkatkan pembelajaran berbasis kurikulum di kelas. Ini bertujuan memberikan panduan komprehensif untuk jenis multimedia yang tersedia bagi siswa dan mengontekstualisasikan kesempatan ini untuk pengajaran yang efektif.

Contoh multimedia ini adalah termasuk CD-ROM, slide, audiotape, videotape, gambar diam, cetakan studi, transparansi overhead, peta, lembar kerja, bagan, grafik, booklet, objek nyata, dan model

7. Hypermedia

Hypermedia adalah media yang tidak hanya menampilkan teks saja, akan tetapi juga mengikut sertakan foto, audio dan video serta grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.

8. Media Interaktif

Biasanya mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video, audio dan game. Sistem ini dikatakan pembelajaran yang direkam visual, suara dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak hanya melihat, mendengar gambar dan suara saja akan tetapi juga membuat tanggapan aktif.

9. Virtual realitas

Virtual reality (VR) adalah skenario yang dihasilkan komputer yang mensimulasikan pengalaman melalui indra dan persepsi. Lingkungan imersif mirip dengan dunia nyata atau fantastis, menciptakan pengalaman yang tidak mungkin dalam fisik biasa. Sistem argumented reality juga dapat dianggap sebagai bentuk VR yang melapisi informasi virtual melalui kamera langsung ke headset atau melalui smartphone atau perangkat tablet yang memberikan pengguna untuk dapat melihat gambar tiga dimensi.

Elemen pada multimedia

Untuk membuat multimedia, ada beberapa elemen yang digunakan seperti yang ada pada berikut ini.

1. Teks

Ini adalah dasar multimedia untuk memberikan informasi. Walaupun ini jenis data ini yang terbilang sangat sederhana, akan tetapi teks adalah bagian yang utama pada sebagian besar multimedia. Teks merupakan peran yang sangat penting karena hampir semua multimedia mengutamakan atau menggunakan Teks dalam memberikan informasi.

2. Gambar

Multimedia juga terdiri dari gambar yang juga disebut sebagai informasi dengan penyampaian yang efektif dan juga bermanfaat. Gambar yang dimaksudkan seperti:

  • Gambar dari dunia nyata: Lukisan, scanning foto
  • Gambar dari dunia maya: Dibuat dengan program aditor
  • Gambar gabungan dunia nyata dan dunia maya

3. Suara (Audio)

Tanpa adanya suara, multimedia tidak akan menarik. Dan suara untuk multimedia terdiri dari beberapa ketegori yakni:

  • Ucapan: Suara orang berbicara
  • Musik: Suara yang berasal dari alat musik
  • Efek suara: Suara yang dihasilkan memberikan kesan atau kejadian seperti suara tembakan, halilintar, gelas pecah dan lain sebagainya.

4. Video

Ini adalah gabungan setiap atau semua elemen multimedia untuk memberikan informasi video menggunakan sistem animasi dari kamera video yang tersimpan dalam bentuk file atau data tertentu.

5. Animasi

Dan yang terakhir adalah animasi atau gambar yang dapat bergerak. Adanya animasi karena menayangkan satuan terkecil dalam video dengan cepat untuk menghasilkan pergerakan. Ini juga memiliki beberapa bagian yaitu:

  • Animasi buatan. Ini adalah buatan manusia dengan bantuan atau melalui komputer.
  • Animasi video. Bukan seperti animasi buatan dimana animasi video berasal dari hasil rekaman kamera video dalam bentuk kejadian yang benar-benar terjadi.

Fungsi multimedia

Fungsi dari multimedia yang utama adalah sebagai alat bantu mengajar. Ada pula beberapa fungsinya menurut para ahli seperti:

1. Mc Know menyatakan bahwa fungsi media adalah :

  • Meningkatkan motivasi belajar.
  • Mengubah pembelajaran abstrak menjadi konkrit dan pembelajaran yang awalnya teoritis menjadi praktis.
  • Meningkatkan sistem belajar dengan cara mencari tahu.
  • Memperjelas penyajian pesan dan informasi.

2. Fungsi media menurut Levie dan Lentz khususnya media visual ada empat, yaitu :

  • Daya konsentrasi siswa meningkat pada apa yang ia pelajari.
  • Siswa bisa memahami serta mengingat setiap informasi yang ada pada gambar.
  • Mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dalam bentuk teks.

3. Rowntree mengemukakan enam fungsi media, yaitu:

  • Menambah motivasi belajar.
  • Mengulang kembali apa yang dipelajari.
  • Meningkatkan respon belajar.
  • Miningkatkan daya tangkap.

Sifat Penting Multimedia

Penting untuk anda ketahui, ada beberapa sifat multimedia yang tidak diketahui oleh orang banyak yaitu:

  • Setiap informasi yang diberikan dari komputer untuk pengguna dengan tujuan agar bisa melihat, mendengar dan saling berbalas. Jika tidak adanya sifat tersebut, maka itu dinamakan bersifat polimedia atau mixedmedia.
  • Seperti yang disinggung sedikit atas, polimedia memberikan informasi tanpa menggunakan komputer. Akan tetapi informasi bersifat polimedia terdapat pada siaran televisi, radio, buku dan lain sebagainya.
  • Multimedia juga bersifat navigasi dimana sifat navigasi tersebut merupakan sembarang produk atau peralatan aktif yang dapat menghubungkan pengguna berdasarkan produk multimedia seperti halaman web.
  • Ada juga memberikan informasi dengan sifat interaktif. Dengan kata lain, pengguna bisa berinteraksi satu sama lain dengan saling memberikan informasi.

Kelebihan Dan Kekurangan Multimedia

Berdasarkan dari beberapa penjelasan yang ada diatas, terdapat pula kelebihan serta kekurangan multimedia. Seperti apakah itu? Berikut jawabannya.

Kelebihan

  • Menarik indera dan juga minat.
  • Membantu meratakan jaman informasi ke jutaan orang yang belum menggunakan komputer.
  • Meningkatkan kualitas penyampaian informasi.
  • Dapat merangsang partisifasi.
  • Dapat memusatkan perhatian.
  • Memusatkan perhatian.

Kekurangan

  • Bisa menimbulkan kebingungan dan rasa bosan apabila informasi yang diberikan tidak disampaikan dengan baik dan benar.
  • Bagi mereka yang cacat fisik, pasti akan mengalami kendala.
  • Jika menggunakan komputer, perlu pengetahuan khusus mengenai komputer dan masih banyak lagi.

Guys, multimedia atau yang lebih dikenal dengan Media adalah paduan berbagai informasi dalam bentuk teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara dalam memberikan informasi bagi audiens atau pembacanya. Setelah anda membaca keseluruhan dari artikel ini, kami berharap anda dapat memahaminya dan bisa bermanfaat. Sekian artikel ini kami berikan untuk anda, selamat membaca dan tunggu kedatangan kami yang selanjutnya.