Apakah kamu pernah mendengar istilah Wirausaha? Istilah yang satu ini sering sekali diartikan berbisnis. Dapat kamu lihat, di jaman sekarang banyak sekali orang-orang yang berwirausaha untuk mencari penghasilan maupun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Wirausahawan itu merupakan sebuah inspirasi yang berupa kreatif, inovatif, punya kemauan dan berjiwa pemimpin. Namun, perihal itu tidak menjadi sebuah keharusan. Namun kemauan yang tinggi mampu menjadikan itu satu modal untuk berwirausaha. Dan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu wirausaha kita simak saja ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Wirausaha?

Wirausaha berasal dari kata “wira” dan “usaha“. Wira berarti “pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung”. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

Dan dikatakan juga bahwa wirausaha merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk berdiri sendiri dalam melihat dan mengejar peluang bisnis, lalu menyatukan berbagai sumber daya untuk mengambil keputusan yang tentunya untuk mendapatkan keuntungan sehingga tercapai keberhasilan.

Secara Umum Pengertian Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemamuan kewirausahaan. Pengertian kewirausahaan adalah seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah ke upaya untuk mencari keuntungan yang lebih besar.

Seorang wirusahawan harus kreatif, inovatif, bekerja keras, mempunyai kemauan dan berjiwa pemimpin. Tapi semuanya itu tidak slalu harus dimiliki, kemauan dan kerja keras dapat menjadi salah satu modal untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

Jika dalam bahasa Inggris wirausaha disebut Entrepreneur, diartikan sebagai orang yang mempunyai bakat dalam menilai nilai jual suatu produk. Tentunya untuk berwirausaha harus berani mengambil resiko.

Oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar. Sehingga seorang wirausaha harus mempunyai karakteristik khusus yang melekat pada diri seorang wirausaha seperti percaya diri, mempunyai banyak minat, bisa bersepakat, mempunyai ambisi, berjiwa penjelajah, suka mencoba sesuatu.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Banyak sekali para pakar dan sumber terpercaya yang mencoba memberikan pengertian wirausaha. Seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Selain definisi diatas, nah anda dapat juga melihat beberapa definisi wirausaha menurut para ahli antara lain sebagai berikut.

  • Andrew J Dubrin

Andrew J Dubrin mendefinisikan wirausaha adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).

  • Siswanto Sudomo (1989)

Pengertian Kewirausahaan atau entrepreneurship menurut Siswanto Sudomo adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

  • Acmad Sanusi

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

  • David Mc Clelland

Wirausaha adalah orang yang berani berusaha, mempunyai kemampuan untuk mendapatkan peluang-peluang usaha dalam memperkenalkan produk baru, teknik baru, sumber pemasukan baru dan merancang pabrik, peralatan manajemen, dan tenaga kerja yang diperlukan serta mengorganisasikannya ke dalam suatu teknik pengoperasian perusahaan.

  • Arif F. Hadipranata

Wirausaha merupakan sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan financial maupun non financial.

  • Israel Kirzner

Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio: Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

  • Stein dan Jhon F.Burgess

Wirausaha ialah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola dan berani mengambil resiko untuk menciptakan sebuah peluang usaha dan usaha baru.

  • Joko Untoro

Joko Untoro mengemukakan bahwa pengertian wirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

  • Frank Knight

Seorang wirausahawan mencoba untuk menyikapi & memprediksi perubahan pasar. Penjelasan ini menekankan peranan seorang wirausahawan dalam menghadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seorang wirausahawan disyaratkan untuk melakukan semua fungsi manajerial mendasar seperti pengawasan dan pengarahan.

  • Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Tujuan Wirausaha

Dalam berwirausaha, tentunya terdapat berbagai tujuan yang ingin dicapai dan tidak hanya sebatas mencari keuntungan. Berikut ini berbagai tujuan wirausaha yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum memulai berwirausaha supaya tidak salah langkah dan melenceng dari pengertian wirausaha.

1. Meningkatkan Jumlah Wirausaha Berkualitas

Ketika seseorang berwirausaha, tentunya ia membutuhkan sumber daya manusia yang dapat membantunya meningkatkan kualitas dari usahanya. Dengan memberdayakan sumber daya manusia, tidak hanya dapat meningkatkan pencapaian usaha, juga dapat melatih sumber daya manusia tersebut menjadi calon wirausaha yang berkualitas.

Dengan begitu, ketika ia telah mempunyai usaha sendiri, bukan tidak mungkin ia menjadi seorang wirausaha yang sukses, sehingga jumlah wirausaha berkualitas semakin bertambah.

2. Dapat Memajukan Juga Menyejahterakan Masyarakat

Suatu usaha yang sudah sukses dan besar tentunya membutuhkan banyak karyawan atau sumber daya manusia yang bisa membantu mempertahankan usaha tersebut.

Ketika anda berwirausaha dan memberdayakan sumber daya manusia, maka anda sudah mengurangi jumlah pengangguran. Tidak hanya itu saja, seseorang yang sudah mempunyai pekerjaan tetap juga dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraannya sendiri.

3. Membudayakan Semangat Wirausaha Di Masyarakat

Wirausahawan dapat dikategorikan sebagai orang-orang yang memiliki jiwa tangguh, kompetitif, dan pandai mencari peluang. Semangat wirausaha yang tidak pernah padam ini sangat baik jika mampu ditularkan ke masyarakat sebagai sebuah tujuan kewirausahaan yang selanjutnya.

Tujuan kewirausahaan membudayakan semangat wirausaha di masyarakat dapat diwujudkan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan bersikap seperti apa adanya seorang entrepreneur. Sikap tersebut tentunya akan menginspirasi dan membuat masyarakat tergerak untuk mencoba berwirausaha.

Sikap tangguh dan tidak mudah menyerah juga sebaiknya diperlihatkan supaya tujuan kewirausahaan ini dapat membangun semangat orang-orang muda di masyarakat supaya mau bekerja keras untuk mendapatkan keberhasilan.

4. Memberikan kesadaran Pada Masyarakat Tentang Kewirausahaan

Jika seseorang sudah memulai dan menjalani kewirausahaan, lalu sukses menjadi seorang wiraswasta, maka hal itu akan membuat masyarakat tergerak untuk ikut berwiraswasta. Melihat kesuksesan tersebut akan membuat masyarakat mencari tahu apa saja tips dan trik yang harus dilakukan seseorang agar sukses berwiraswasta.

Bukan hanya belajar menjadi seorang wirausaha saja, tetapi juga belajar menjadi pribadi yang tangguh dalam menjalankan usaha.

Contoh Wirausaha Di Bidang Kuliner

Usaha di bidang kuliner memang tidak pernah sepi karena setiap orang membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Tentu ini menjadi peluang besar bagi Anda yang memang berminat untuk membuka usaha kecil bidang ini. Anda bisa memulai dari usaha restauran, rumah makan, cafe, warung rames, atau bahkan pedagang kaki lima.

Sekali lagi disesuaikan dengan modal yang tersedia. Namun yang lebih penting adalah produk makanan apa yang hendak ditawarkan dan apakah cocok selera masyarakat?

Sebagai contoh Anda bisa menjalankan bisnis kuliner utama seperti ayam goreng, bakso, mie ayam, gudeg, masakan daerah dan lain-lain. Tidak hanya makanan berat saja, saat ini banyak cafe yang menyediakan kuliner dalam bentuk minuman, es krim, susu, kopi, cake, es kelapa muda dan lain-lain.

Tidak buruk juga jika Anda membuka usaha kecil dengan cara kemitraan atau waralaba karena dengan sistem ini Anda bisa terbantu dalam hal penentuan produk, mendapatkan bahan baku dan tata cara pengelolaan.

Ciri-ciri Wirausahawan

Seorang yang ingin dikatakan sebagai wirausahawan pastinya memiliki ciri-cirinya dan untuk mencapai tujuan yang diharapkan setiap orangnya harus memiliki sifat dan ciri-ciri kewirausahaan seperti:

1. Percaya Diri

Kepercayaan diri merupakan suatu paduan siakap dan keyakinan seseorang dalam memulai, melakukan dan menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang dihadapi.

Oleh karena itu, kepercayaan diri memiliki nilai keyakinan, optimisme, individualisme dan ketidak ketergantungan. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri cendrung memiliki keyakinan terhadap kemampuannya untuk mencapai keberhasilan.

2. Berani Mengambil Setiap Resiko Yang Ada

Resiko akan selalu ada dalam setiap pilihan atau keputusan yang anda ambil, maka dari itu anda harus selalu berani menghadapi resiko apapun yang mungkin terjadi pada usaha anda.

Resiko yang mungkin terjadi itu misalnya kecelakaan, kerugian, dan kegagalan. Semua itu harus selalu anda hadapi, karena dalam berbisnis semakin tinggi resikonya maka keuntungannya pun akan semakin besar.

3. Berjiwa Pemimpin

Ini juga menjadi modal utama anda dalam mendirikan suatu perusahaan karena di sini anda menjadi pemimpinnya. Jika terjadi suatu persoalan atau masalah yang tiba-tiba muncul, anda harus sigap berada di depan untuk menghadapinya dan berusaha memecahkannya tanpa membebankan orang lain.

4. Berorientasi Pada Masa Depan

Wirausahawan yang berorientasi pada masa depan adalah orang yang memiliki prespektif dan pandangan pada masa depan. Mereka tidak cepat puas dengan keadaan sekarang dan terus mencari seauatu yang baru.

Mereka selalu memiliki kemapuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang sudah ada sekarang. Mereka selalu tahu cara mengembangkan bidang usahanya pada masa depan agar kontinuitasnya tetap terjaga.

5. Keorisinilan

Wirausahawan tidak pernah mau mengekor pada keberhasilan orang lain, justru menemukan sesuatu yang baru. Mereka selalu kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkan ide-ide yang muncul.

6. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif selalu menjadi hal yang penting dalam setiap langkah yang kita ambil dalam hidup. Begitu pun dengan berwirausaha, anda harus selalu berpikir positif akan setiap peluang yang ada sehingga anda tidak dihantui oleh rasa takut akan gagal dan anda akan bersikap optimis pada setiap hal yang terjadi saat menjalankan usaha.

Manfaat Wirausaha

Wirausaha atau kewirausahaan merupakan suatu proses untuk mengembangkan, mengidentifikasi dan membawa visi dalam kehidupan. Visi yang dimaksudkan adalah suatu ide inovatif atau suatu cara agar dapat menjalankan sesuatunya lebih lancar dan baik.

Dalam berwirausaha tentunya memiliki suatu manfaat bagi kita, nah manfaat wirausaha ini yang akan membuat kamu lebih berkembang dalam membangun wirausaha.

  • Memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri.
  • Memberi peluang melakukan perubahan.
  • Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya.
  • Memiliki peluang untuk meraih keuntungan seoptimal mungkin.
  • Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usahanya.
  • Memilki peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakanya.

Nah, anda juga harus tahu bahwa untuk menjadi seorang wiraswasta juga harus banyak berhati-hati mengingat resikonya cukup tinggi. Mengalami kebangkrutan atau mengalami kerugian saat menjalankan usaha dalam wiraswasta tentu sudah menjadi hal yang wajar.

Namun, karena hal itulah banyak sekali orang yang merasa ragu untuk memulai usaha atau menjadi seorang wiraswasta. Keterbatasan modal juga biasanya menjadi pemicu keraguan setiap orang yang akan memulai usaha.