Kalau ditanya soal burung yang paling romantis, pasti Anda akan menjawab lovebird atau merpati. Benarkah? Ada lho burung yang lebih romantis dari keduanya, yaitu burung namdur alias bowerbird yang termasuk dalam keluarga Ptilonorhynchidae. Di Indonesia terdapat delapan spesies burung namdur, yang semuanya merupakan burung endemik di Papua.

Banyak keunikan pada burung ini, baik burung jantan maupun betina. Nah, ternyata burung namdur betina terkenal akan kematerialistisnya. Loh kok bisa? Nah, pastinya nih kalau sudah membicarakan hal materialistis pasti semua tertuju pada sifat manusia dong. Tetapi faktanya tidak hanya manusia yang memiliki sifat materialistis.

Sifat materialistis juga terjadi pada seekor burungLah seekor burung? Kok bisa ya? Nah tahukah kalian burung namdur? Burung Namdur kadang disebut juga sebagai Burung Pintar dan beberapa jenis dinamai juga sebagai Burung Kucing. Dalam bahasa Inggris sebagian disebut sebagai Bowerbird dan sebagian lagi sebagai Catbird.

Namun burung matrealistis ini seekor burung namdur betina. Wah sudah jelas dong yaa betina (upss). Namun mengapa burung namdur betina dikatakan sebagai burung yang materialistis? Untuk mengetahui sebabnya, kita simak saja secara bersama ulasannya dibawah ini.

Namdur Betina, Burung Paling Materialistis

Pasti kalian bertanya-tanyakan mengapa namdur betina dikatakan sebagai burung yang paling materialistis. Dikarenakan sikap burung namdur betina yang suka membandingkan keahlian lawan jenisnya (namdur jantan). Dan tahukah anda bahwa Hasil penelitian juga menunjukkan, burung betina juga memiliki perilaku seperti manusia dalam memilih calon pasangannya.

Mereka akan melakukan penilaian berkali-kali sewaktu memilih pasangannya, dengan banyak persyaratan khusus, termasuk penampilan fisik, goyangan (maksudnya dalam hal menari, bentuk tarian itu adalah kepakan sayap yang dipadu dengan gerakan maju-mundur, diiringi suara kicauan yang mengalun merdu, namun penuh power) dan kemewahan sarang yang dibuat burung pejantan.

Wah…wah bener-bener matre ya burung ini :D.

Walau terdengar sedikit susah, namun jangan khawatir. Karena namdur jantan terkenal akan kemampuannya dalam membangun sebuah sarang.

Namdur Jantan, Si Arsitek Yang Amat Cerdas

Bagaikan seorang arsitektur saja, nah ternyata namdur jantan terkenal akan kemahirannya dalam membangun sebuah sangkar. Disebutkan bahwa burung namdur adalah jenis burung ocehan yang mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi. Ini terbukti dari bentuk sarangnya.

Burung namdur jantan akan menghias sangkarnya seapik mungkin dengan memakai apa saja yang dijumpainya seperti ranting pohon, ilalang, peralatan manusia, tulang, batu dan lain sebagainya. Tujuan dikumpulkan itu semua tak lain untuk membuatkan sarang yang mampu memukau si namdur betina untuk memilih sarang burung namdur jantan. Maklum guys, para betina agak sedikit matre.. hehehe

Ketika membangun sarangnya, sih jantan mengatur ratusan cabang tipis dalam dua jalur yang saling berhadapan. Di samping itu, Namdur juga menggunakan sarana menghias lainnya. Yang lebih hebat lagi, burung jantan ini menyiapkan sendiri catnya. Ingin tahu bagaimana caranya?

Namdur mengumpulkan tanaman berbagai warna dan mengecat dinding menggunakan sari tanaman tersebut. Terkadang, ia menggunakan batu bara, yang dicampur dengan ludahnya. Namdur juga mengecat sarangnya, yang terbuat dari ranting-ranting, dengan sepotong kulit kayu yang dikunyah di mulutnya.

Selain dapat merancang sarang seelok mungkin, Namdur jantan juga harus pandai merayu dengan beratraksi di depan si betina dengan menyanyi dan memamerkan kebolehan lainnya. Namdur betina kemudian akan memilih pejantan yang paling “kaya” yang memiliki sarang paling bagus serta menarik dan yang berbakatlah yang berhak mengawininya.

Ternyata, tidak itu saja. John Endler, ekolog asal Deakin University, Australia melaporkan, burung Namdur jantan juga menggunakan perhiasan-perhiasan yang mereka kumpulkan untuk membuat ilusi optik. Burung Namdur jantan akan mengatur pernak-pernik mereka dari ukuran yang terbesar hingga terkecil.

Mereka menyusunnya sedemikian rupa hingga membentuk jalan yang menuju ke sarang mereka. Penyusunan pernak-pernik itu membuat sarang mereka seolah-olah terlihat lebih kecil, sedangkan para pejantan tampak gagah bagi para betina yang melihat ke arah sarang itu.

Menggunakan trik ini, yang disebut dengan forced perspective, pejantan dapat merayu para betina yang melintas dengan postur tubuh mereka yang seolah-olah tinggi.

Dan tahukah kalian, mengapa para namdur jantan begitu sangat antusias membangun sedemikian eloknya. Agar para betina dapat memilih mereka sebagai pasangannya. Dan jika burung namdur betina merasa bahwa apa yang dilakukan sang pejantan kurang menarik maka ia akan meninggalkan sarang pejantan tersebut untuk mencari pejantan yang lainya. Benar-benar seekor burung yang sangat materialistis.

Namun apa mau dikata karena sifat burung Namdur betina yang materialis dan hanya mau kimpoi dengan burung jantan yang memiliki sarang terindah, maka apa boleh buat Namdur jantan pun harus bisa unjuk gigi dalam memikat hati pasangannya. Wah-wah semacam persaingan antara dua kerajaan ya guys..

Wah, namdur jantan keren banget yaa, ternyata ia menyiapkan sarang indah itu untuk memikat betina. Namdur jantan tipe burung yang mencintai pasangannya dan melakukan apapun demi memuaskan sang pasangan. Semua yang dilakukannya hanya sekedar untuk memikat betina. Walau pun belum tentu dipilih sama namdur betina, namdur jantan tetap bersaing dengan sesama jantan yang juga memiki estetika tinggi demi memikat burung betina.

Habitat Dan Ciri Burung Namdur

Dikatakan bahwa burung namdur terdapat di Indonesia dan hanya ada di daratan hijau pulau Papua, sehingga dari itu populasinya harus dijaga dari kepunahan akibat perburuan liar. Di dataran hijau papua burung namdur sangat banyak ditemukan dan ia masuk dalam keluarga Ptilonorhynchidae.

Dan untuk spesiesnya burung namdur ada sekitar 20 spesies yang sebagian ada di Indonesia dan sebagian lagi ada di negara Australia. Mengenai ciri-cirinya burung Namdur secara umum mempunyai ukuran tubuh yang sedang yakni sedikit lebih besar dibanding ukuran tubuh burung merpati.

Warnanya tergantung dari jenis spesiesnya yaitu ada yang berwarna hitam kebiruan, ada yang bulunya berwarna kuning, dan ada yang berwarna coklat, dan merah serta bintik-bintik. Dan di tanah Papua burung Namdur dari berbagai jenis dapat dijumpai di daerah pegunungan Arfak, Tamrau dan Wandammen di daerah Kepala Burung.

Keluarga Ptilonorhynchidae terdiri atas delapan genus, yaitu :

  • Genus Ailuroedus
  • Genus Scenopooetes
  • Genus Archboldia
  • Genus Amblyornis
  • Genus Prionodura
  • Genus Sericulus
  • Genus Ptilonorhynchus
  • Genus Chlamydera

Genus Ailuroedus dan Scenopooetes bukan termasuk burung namdur (bowerbird) tetapi disebut burung kucing (catbird). Jadi, hanya enam genus saja yang termasuk kelompok burung namdur, dengan rincian sebagai berikut:

  • Genus Archboldia.
  • Genus Amblyornis.
  •  Genus Prionodura.
  • Genus Sericulus.
  •  Genus Ptilonorhynchus.
  •  Genus Chlamydera.

Di alam liar burung namdur gemar memakan buah-buahan dan beberapa jenis serangga dan juga burung ini tergolong burung menetap yang berarti dia tidak akan melakukan migrasi selama habitatnya tidak rusak. Biasanya sarang yang dibangun oleh burung namdur jantan berukuran lumayan besar sekitar satu meter lebih baik dari tinggi sangkarnya hingga kepada pintu masuknya.

Burung cerdas ini tergolong hidup berpoligami tapi ada juga penelitian yang menjelaskan bahwa burung namdur jenis burung yang monogami yakni membesarkan anaknya bersama-sama.

Gimana? Sudah tahukan mengapa namdur betina dikatakan sebagai burung yang paling materialistis, itu dikarenakan sikapnya yang enggan menerima namdur jantan bila sarangnya tidak menarik dan bila mereka tak memiliki kemampuan akan menari. Wah kalau wanita (manusia) semuanya seperti ini, bakalan banyak jomblo dong ya… hihihi.. Nah untuk itu sekianlah penjelasan mengenai burung namdur, maka dari itu sampai ketemu di artikel berikutnya.