Pastinya kalian tahu Uya Kuya ataupun Romy Rafael, yaps jika kalian mengetahui mereka. Pastinya kalian tahu juga mengenai hipnotis. Pasalnya kedua orang ini selalu menunjukan aksinya saat menghipnotis seseorang

Jika mendengar kata hipnotis, pasti banyak yang berpendapat bahwa hal tersebut adalah perbutan kejahatan. Namun sebenarnya hipnotis sama sekali bukan salah satu kejahatan, hanya saja banyak opnum-opnum yang kurang bertanggung jawab dan melakukan tidak kejahatan dengan menggunakan metode ini.

Sehingga hal tersebut membuat citra hipnotis menjadi tidak baik. Akan tetapi, pastinya banyak dari kalian yang ingin mempelajari ilmu ini bukan? Nah untuk mempelarinya sebaiknya kita membaca penjelasannya terlebih dahulu.

Apa Itu Hipnotis?

Hipnosis adalah sebagai semacam regulasi kesadaran kesadaran top-down, sebuah proses di mana “representasi mental mengesampingkan fisiologi, persepsi dan perilaku.” Seperti yang penulis jelaskan, hipnosis melibatkan dua elemen utama: induksi dan saran. Induksi hipnotis adalah saran pertama yang disampaikan selama proses hipnosis, meskipun apa yang harus terdiri dari bahan perdebatan.

Saran biasanya dinyatakan sebagai implikasi yang menimbulkan tanggapan yang tidak disengaja dari para peserta, yang tidak percaya mereka memiliki banyak, atau apapun, kontrol (atau agen) atas situasi. Beberapa orang juga lebih “sugestif” daripada yang lain, dan para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang sangat dianjurkan lebih mungkin untuk memiliki perasaan yang lebih rendah dari agen sementara di bawah hipnosis.

Hypnosis sugestibilitas telah didefinisikan sebagai “kemampuan untuk mengalami perubahan yang disarankan dalam fisiologi, sensasi, emosi, pikiran, atau perilaku.” Tetapi disisi lain setiap orang mempunyai prespektif yang berbeda tentang hipnotis. Oleh karana itu, begitu banyak pengertian hipnotis yang muncul.

Ada yang berpendapat bahwa teknik hipnotis adalah sebuah teknik jahat melalui alam bawah sadar, teknik hipnotis adalah sebuah teknik menyembuhkan melalui alam bawah sadar, ada juga yang berpendapat bahwa teknik hipnotis adalah sebuah teknik yang tidak berbahaya dimana teknik ini bisa merubah hidup orang yang menggunakannya.

Sejarah Dari Hipnotis

Istilah “hipnosis” berasal dari kata Yunani Kuno untuk “tidur” (“hypnos”). Penelitian menunjukkan itu pertama kali diciptakan pada awal abad ke-19 oleh Étienne Félix d’Henin de Cuvillers, seorang Prancis yang tertarik pada peran sugesti pada pikiran, dan proses mental dan perilaku yang terjadi ketika seseorang jatuh ke dalam trans hipnosis. Sumber-sumber lain menunjukkan bahwa itu adalah ahli bedah Skotlandia Dr. James Braid yang menciptakan istilah tersebut.

Namun, konsep trans hipnosis lahir lebih awal, pada abad ke-18, dengan ahli fisika Jerman terkenal Franz Mesmer. Mesmer yang mengklaim itu bahwa ia bisa menunjukkan keberadaan sesuatu yang disebutnya “magnetisme hewan”, yang merupakan cairan tak terlihat yang “mengalir” antara manusia, hewan, tumbuhan, benda dan yang dapat dimanipulasi untuk memengaruhi perilaku orang.

Praktek palsu Mesmer memberi hipnosis awal yang buruk, tetapi minat untuk potensinya bertahan di bidang medis. Pada abad ke-20 dan ke-21, hipnosis terus dieksplorasi, dan spesialis telah mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu dan bagaimana kadang-kadang dapat dimanfaatkan untuk membawa manfaat kesehatan.

Jenisnya

Ada empat jenis utama hipnosis yang digunakan dalam masyarakat saat ini untuk menghipnotis orang lain atau menghipnotis diri seseorang. Empat tipe utama hipnosis adalah hipnosis tradisional, hipnosis Ericksonian, hipnosis NLP dan self-hypnosis. Setiap jenis hipnosis bervariasi dalam hal penggunaan dan latihan.

Penyebut umum utama antara empat jenis hipnosis adalah bahwa mereka semua dimulai dengan semacam induksi hipnotis, seperti induksi mata atau menghitung mundur, untuk menginduksi keadaan hipnosis.

Hipnosis tradisional adalah bentuk hipnosis paling dasar dan paling banyak digunakan karena keyakinan bahwa siapa pun dapat melakukannya dengan sedikit instruksi dan pelatihan. Hipnosis tradisional juga diyakini sebagai bentuk hipnosis termudah karena bergantung pada saran dan perintah sederhana. Ini adalah bentuk hipnosis yang secara luas diiklankan dengan CD dan MP3 hipnosis, bersama dengan kaset hipnosis.

Setelah berada dalam kondisi hipnosis, metode hipnosis tradisional terhubung dengan alam bawah sadar dan menggunakan saran dan perintah langsung untuk memengaruhi perilaku, pikiran, perasaan, dan tindakan seseorang. Contoh dari perintah ini dapat berupa saran tentang kepercayaan diri, atau tentang berhenti dari kebiasaan buruk seperti alkoholisme atau merokok.

Karena hipnosis tradisional bergantung pada saran dan perintah, seringkali tidak sepenuhnya efektif bagi orang yang memiliki proses berpikir kritis dan analitik. Pikiran sadar memiliki kecenderungan untuk mengganggu pemrosesan saran dan perintah, mengkritik pesan dan tidak membiarkannya sepenuhnya diserap oleh alam bawah sadar. Hipnosis tradisional juga menjadi dasar untuk hipnotisme panggung, yang populer dalam budaya saat ini di kalangan pengunjung pesta dan klub komedi.

  • Ericksonian hypnosis didasarkan pada prinsip yang dikembangkan oleh Dr. Milton Erickson. Bentuk hipnosis ini sangat baik bagi mereka yang skeptis terhadap hipnosis karena menggunakan metafora bukan hanya saran langsung. Metafora memungkinkan otak untuk berpikir kreatif dan sampai pada kesimpulan yang mungkin tidak tercapai dengan menggunakan bentuk hipnosis tradisional yang lebih sepihak. Metafora bekerja dengan membandingkan dan mengkontraskan dua hal dengan cara yang lebih rumit daripada perintah dan saran sederhana. Mereka juga memungkinkan pikiran untuk membungkus ide atau pemikiran dengan cara yang lebih organik daripada saran langsung, itulah sebabnya skeptis sering dapat dihipnotis menggunakan metode ini dan bukan metode tradisional. Ericksonian hypnosis menggunakan metafor isomorfik dan interspersal.
  • Metafora isomorfik menceritakan sebuah kisah yang memiliki moral, yang membuat pikiran bawah sadar menarik perbandingan satu-ke-satu antara moral cerita dan masalah atau masalah yang sudah akrab dengannya. Metafora interspersal menggunakan perintah yang tertanam yang mengalihkan pikiran sadar, memungkinkan akal bawah sadar untuk memproses pesan metafora.
  • NLP hypnosis digunakan bersama dengan self-hypnosis untuk menangani masalah-masalah seperti kepercayaan diri, harga diri dan kesejahteraan mental secara keseluruhan. NLP hypnosis juga digunakan untuk mengatasi kecemasan dan menaklukkan ketakutan dan fobia. Metode hipnosis ini efektif karena menggunakan proses pemikiran yang sama sebagai rasa takut atau masalah untuk membalikkan atau menyingkirkan masalah. Tiga teknik berbeda yang digunakan dengan hipnosis NLP adalah flash, penahan dan reframe. NLP hypnosis dianggap sebagai salah satu bentuk hipnosis yang paling efektif ketika teknik digunakan secara terpisah atau bersama-sama.
  • Self-hypnosis dilakukan sendiri untuk mencapai keadaan relaksasi yang mendalam dengan memanfaatkan salah satu dari jenis hipnosis yang disebutkan di atas. Self-hypnosis yang memungkinkan pikiran untuk bersantai dan mencapai keadaan hipnosis tanpa hipnotis atau hipnoterapi. Saran dan perintah kemudian dibuat sendiri, atau dengan CD atau MP3 yang membimbing Anda dalam sesi hipnosis. Banyak orang sekarang lebih suka self-hypnosis daripada hipnosis yang dipandu karena mereka tidak mempercayai orang lain dengan pikiran bawah sadar mereka yang rapuh dan berpengaruh.

Teknik Cara Menghipnotis

Langkah pertama hipnosis, adalah proses yang digunakan ahli hipnotis untuk menempatkan keadaan di mana mereka lebih terbuka untuk saran (dikenal sebagai trans). Ada banyak jenis beberapa diantara yaitu:

  • Teknik relaksasi

Mengapa terapis meminta untuk “membuat diri Anda nyaman” dan menyediakan sofa kulit nyaman untuk dibaringkan? Itu lebih dari sekadar santun. Relaksasi adalah metode umum yang digunakan oleh terapis dan teknik hipnosis pemula. Jika klien santai, mereka mungkin jatuh ke trans dan pikiran terbuka untuk saran. Mereka lebih cenderung berbicara dengan Anda dan terbuka terhadap saran tidak langsung. Berikut beberapa metode umum relaksasi:

  • Buat diri Anda nyaman
  • Berbaring
  • Hitung mundur di kepala Anda
  • Napas terkendali
  • Bersantai & menegangkan otot
  • Bicaralah dengan nada lembut
  • Teknik Jabat Tangan

HandshakeMilton Erickson bapak hipnoterapi terkenal karena menggunakan teknik jabat tangan sebagai cara untuk menginduksi hipnotis. Jabat tangan adalah bentuk sapaan paling umum di masyarakat kita. Teknik jabat tangan mengejutkan bawah sadar dengan mengacaukan norma sosial umum ini. Alih-alih menggoyangkan tangan secara normal, ahli hipnotis akan mengganggu pola yang dibentuk oleh pikiran kita dengan memegang pergelangan tangan atau menarik subjek ke depan dan keseimbangan. Dengan pola yang terputus, pikiran bawah sadar tiba-tiba terbuka terhadap sugesti.

  • Isyarat Mata

Ada dua bidang otak kanan yang mengelola sisi yang lebih “kreatif” dan yang kiri “praktis” dan tidak sadar. Dalam percakapan ini akan mencari umpan balik dari pendengar untuk melihat bagaimana mereka bereaksi terhadap pernyataan pada seseorang. Tonton mata subjek. Apakah mereka mencari ke kanan, mengakses kesadaran atau kiri ke alam bawah sadar? Apakah mereka terpaku pada satu objek di dalam ruangan? Jika mereka mengakses alam bawah sadar, Anda dapat membuat saran yang tidak disadari secara sadar.

  • Fiksasi Mata

Apakah Anda pernah menemukan diri Anda “zoning out” dan menatap barang yang menarik di ruangan ketika seseorang sedang berbicara? Apakah Anda benar-benar merindukan apa yang mereka katakan? Anda mungkin sedang mengalami trans.

Setiap objek fokus dapat digunakan untuk menginduksi trance. Contoh yang paling terkenal adalah “pendulum daya” atau “jam saku berayun” meskipun kedua benda ini sekarang dikaitkan dengan hipnotis tahap hokey. Anda cenderung gagal dan menghadapi penolakan menggunakan objek ini, karena reputasi mereka.

Meskipun demikian, ada dua rahasia di balik fiksasi mata. Pertama, objek membuat pikiran sadar sibuk, membuka pikiran bawah sadar menjadi sugesti. Kedua, mata Anda lelah secara fisik ketika mereka terpaku atau bergerak maju mundur.

Manfaat Yang Didapat Dari Hipnotis

Bisakah hipnosis benar-benar membantu Anda? Apa manfaat dari hypnotherapist? Ini adalah pertanyaan yang paling umum ditanyakan ketika orang mempertimbangkan untuk hipnoterapis. Beberapa orang dimengerti sedikit khawatir tentang mempertimbangkan hipnoterapi sebagai pengobatan, biasanya karena kesalahpahaman dengan apa yang mereka lihat di televisi atau di film. Tetapi ketika Anda memikirkan manfaat dari Hypnosis, Berikut Ini dia manfaatnya.

1. Hipnosis dapat membantu mengobati kecanduan

Kecanduan meningkat seiring waktu, orang dilahirkan dengan temperamen tertentu, predisposisi tertentu, dan perilaku tertentu. Gen, lingkungan, didikan dan pengalaman masa kanak-kanak dapat bergabung untuk membuat orang-orang lebih rentan terhadap kecanduan daripada yang lain. Memperlakukan seseorang dengan kecanduan tidak boleh dianggap enteng oleh hipnoterapis karena begitu banyak faktor yang berbeda ikut bermain.

Apakah Anda kecanduan makanan, alkohol, narkoba, merokok, atau judi hipnosis? Jika memang iya, kemungkinan ini dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan lainnya. Banyak gaya dan ajaran hipnoterapi yang berbeda mulai digunakan selama sesi yang sering kompleks termasuk regresi, terapi Ericksonian dan Neuro-Linquistic Programming.

Yang pada dasarnya Hipnosis ini juga dapat membantu Anda mendapatkan kembali kendali atas pikiran dan tindakan Anda untuk memastikan Anda membuat pilihan yang tepat, juga membantu meringankan gejala-gejala fisik kecanduan. Hipnoterapi terbukti membantu menghentikan kecanduan untuk selamanya sehingga Anda tidak kambuh lagi dan menjadi ketagihan lagi dalam waktu singkat.

2. Hipnosis dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya

Salah satu manfaat utama Hypnotherapy adalah membantu orang menurunkan berat badan, tetapi karena Anda dapat membayangkan banyak faktor harus diperhitungkan. Penurunan berat badan bisa menjadi salah satu sesi yang paling mudah dan paling bermanfaat yang dapat dilakukan oleh seorang hipnoterapi tetapi juga bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit. Hipnoterapi ini memang terbukti 30% lebih efektif daripada hanya berdiet sendirian ketika berhubungan dengan penurunan berat badan.

Bagi kebanyakan orang yang membutuhkan motivasi ekstra untuk menurunkan berat badan untuk suatu acara atau untuk memulai diet, cara sederhana yang dapat Anda gunakan terapi saran adalah awal yang baik dan ini juga telah memiliki ratusan keberhasilan menggunakan teknik ini.

Mungkin Anda selalu menyarankan untuk menggunakan metode ini setidaknya sebulan untuk memberikan Anda kesempatan terbaik supaya menurunkan berat badan dengan sukses. Sebagian kecil orang mungkin memerlukan program yang lebih mendalam untuk dijelajahi jika mereka mempertahankan berat badan mereka karena alasan psikologis.

Hipnoterapi juga merupakan alat yang efektif untuk membantu orang yang makan berlebihan karena alasan psikologis menghilangkan kebutuhan mereka akan makanan ekstra yang mereka butuhkan. Untuk mencoba hipnosis dengan penurunan berat badan kunjungi halaman Unduhan Penurunan Berat Badan Hipnosis untuk menemukan bagaimana sesi hipnoterapi berbasis saran dapat membantu mempermudah Anda menurunkan berat badan. Pikirkan betapa Anda akan merasa lebih baik ketika Anda melihat ke cermin dan melihat lebih ramping, lebih bugar, lebih bersemangat dan betapa hebat perasaan Anda dengan perubahan positif yang telah Anda buat.

3. Hipnosis dapat membantu mengelola rasa sakit kronis

Jika Anda memiliki penyakit atau penyakit yang membuat Anda sering sakit seperti Fibromyalgia, Arthritis atau Migren maka Anda sudah tahu bahwa kadang-kadang rasanya seperti tidak ada yang akan menghentikan rasa sakit tersebut. Maka dari itu Anda dapat menggunakan teknik hipnosis dan meditasi ketika obat-obatan dan diet tidak membantu Anda mengelola kondisi Anda. Sering sekali rasa sakit yang hebat dapat di bawah kendali efektif yang cepat menggunakan self-hypnosis, dalam banyak studi ilmiah yang berbeda.

Hipnosis dan hipnoterapi telah terbukti sebagai teknik manajemen nyeri yang efektif. Jika tidak ada yang berhasil untuk Anda saat mengendalikan rasa sakit Anda, atau jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang diresepkan, Anda harus mencoba hipnosis. Manajemen nyeri diajarkan hanya setelah diagnosis penyakit Anda dari dokter. Saya pribadi telah menemukan hipnoterapi sangat efektif dalam manajemen nyeri di sakit kepala cluster dan masalah sinus.

Jika Anda menderita sakit kronis maka saya akan merekomendasikan relaksasi yang dipandu dan teknik meditasi sederhana yang ditemukan dalam Hypno Relax Hypnosis download dalam contoh pertama. Teknik dalam sesi ini akan memberi Anda awal yang besar dalam membantu Anda mengontrol dan mengelola rasa sakit Anda dengan cepat ketika Anda merasakan serangan datang. Hipnosis juga dapat sangat mengurangi panjangnya episode serta memperpanjang waktu antara serangan memastikan Anda merasa nyaman dan bebas rasa sakit selama mungkin.

4. Hipnosis dapat membantu mengurangi stres

Stres dapat menyebabkan penyakit serius pada orang-orang seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kegemukan, diabetes, dan gangguan tidur. Jika Anda memiliki banyak stres dalam hidup Anda dan tubuh Anda terus-menerus dalam keadaan siaga tinggi maka salah satu manfaat dari hipnoterapi akan belajar beberapa teknik relaksasi, hipnosis, dan meditasi sederhana yang dapat mengubah hidup Anda.

Jika Anda merasa tidak dapat mengendalikan tingkat stres dengan menggunakan diet, olahraga, dan obat-obatan, maka inilah saatnya untuk memikirkan apa yang dapat dilakukan hipnoterapi dan hipnosis bagi Anda. Karena Hypnosis melibatkan Anda dalam keadaan relaksasi yang dalam, itu memberi pikiran dan tubuh Anda kesempatan untuk memulihkan diri, memperbaiki dan menyembuhkan diri sendiri dengan mengalami relaksasi yang sangat dibutuhkan.

Sekali lagi download Hypno Relax akan memberi Anda pengenalan yang sangat baik untuk mempelajari dasar-dasar teknik relaksasi dan menghilangkan stres. Manajemen stres menggunakan hipnosis dibahas lebih mendalam pada halaman manajemen stres.

5. Hipnosis dapat membantu mengatasi masalah masa kanak-kanak

Masalah anak, hampir setiap orang memilikinya. Dari pelecehan serius atau masalah lain di rumah karena kurangnya harga diri atau kebutuhan untuk sukses di semua biaya masalah dan masalah yang Anda alami sebagai seorang anak mungkin masih berdampak pada Anda hari ini dan menyebabkan Anda membuat keputusan buruk atau tidak mengambil sangat baik merawat diri sendiri. Hipnosis adalah cara yang bagus untuk mengatasi masalah masa kecil dan mengganti pesan-pesan negatif tentang diri Anda dengan yang positif.

Apa Pengaruh Hipnosis ?

Pengalaman hipnosis dapat bervariasi secara dramatis dari satu orang ke orang lain. Beberapa orang yang terhipnotis melaporkan bahwa mereka merasakan pelepasan atau relaksasi ekstrem selama keadaan hipnosis sementara yang lain bahkan merasa bahwa tindakan mereka tampaknya terjadi di luar kemauan sadar mereka. Terkadang Orang lain pun mungkin tetap sadar sepenuhnya dan mampu melakukan percakapan saat berada di bawah hipnosis.

Percobaan oleh peneliti Ernest Hilgard menunjukkan bagaimana hipnosis dapat digunakan untuk mengubah persepsi secara dramatis. Setelah menginstruksikan individu terhipnotis untuk tidak merasakan sakit di lengannya, lengan peserta kemudian ditempatkan di air es.

Sementara individu yang tidak terhipnotis harus melepaskan lengan mereka dari air setelah beberapa detik karena rasa sakit, individu yang terhipnotis dapat meninggalkan tangan mereka di air dingin selama beberapa menit tanpa mengalami rasa sakit.

Hipnotis adalah cabang ilmu magis yang sangat sulit dikuasai, untuk menguasainya diperlukan waktu yang tidak sebentar. Jadi, bila anda mempraktekkan hal-hal yang tertulis di sini namun masih gagal dalam melakukan hipnotis, hal itu sangatlah wajar, teruslah berlatih dan berlatih, salah satunya melatih kepercayaan diri anda, mudah-mudahan anda bisa melakukannya dan menjadi ahli hipnotis serta dapat menambah wawasan Anda sekalian.